Rabu, 14 Januari 2009

Lesson Plan Bahasa Indonesia


SATUAN PENDIDIKAN : SMP
MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA
KELAS/SEMESTER : VIII/4
STANDAR KOMPETENSI : 9. Memahami isi berita radio/televisi.
KOMPETENSI DASAR : 9.1. Menentukan pokok – pokok berita (apa,
di mana, siapa, mengapa, kapan, dan
bagaimana) yang didengar atau ditonton
melalui radio/televisi
INDIKATOR : (1) Siswa mampu menemukan penyataan-
Pernyataan yang merupakan jawaban dari
pertanyaan pokok-pokok berita;
(2) Siswa mampu menuliskan pokok-pokok berita dengan ejaan yang benar
WAKTU : 2 X 40 menit ( 1X Pertemuan )

BAHAN AJAR
1. Laptop
2. LCD
3. CD rekaman berita dari televisi
4. White Board


WAKTU
ISI
METODE DAN
ALAT BANTU
10 menit
PENDAHULUAN
1. Mengucapkan salam
2. Menanyakan kehadiran siswa
3. Membentuk siswa menjadi beberapa kelompok diskusi
4. Menyampaikan apersepsi untuk menghubungkan materi pembelajaran dengan situasi dan pikiran siswa
5. Menyampaikan tujuan belajar dari topik ini
6. Menjelaskan bahwa setelah topik ini dibahas, siswa akan melaksanakan diskusi dan mengerjakan latihan
7. Memberikan keyakinan kepada siswa bahwa topik ini penting untuk dipelajari karena berguna untuk kehidupan sehari-hari

Ceramah
White Board


OBJEKTIF PERILAKU SISWA
Setelah mengikuti pembelajaran ini, diharapkan siswa mampu menemukan pokok-pokok berita (apa, di mana, kapan, siapa, mengapa, dan bagaimana) yang didengar atau ditonton melalui radio/televisi dengan kegiatan diskusi dengan tujuan untuk menemukan sendiri berita apa yang sedang ditayangkan, dimana berlangsungnya topik tersebut, kapan berita tersut berlangsung, siapa saja yang menjadi bahan berita, mengapa topik berita itu terjadi, dan bagaimana solusi agar berita tersebut menjadi teladan bagi kita semua.
WAKTU

MATERI

METODE DAN ALAT BANTU

10 menit



40 menit












20 Menit




ACTIVITY
a. Kegiatan awal
Dengan multimedia yang telah siap, Guru menayangkan rekaman berita televisi, Siswa mendengarkan/menyaksikan rekaman berita televisi yang ditayangkan infocus di depan kelas, guru memperhatikan proses penyimakan tersebut.
b. Kegiatan inti
1) Siswa mendiskusikan untuk mencari pokok-pokok berita yang mencakup 5W1H (apa, dimana, kapan, siapa, mengapa, bagaimana);
2) Siswa menentukan pokok-pokok berita;
3) Siswa menuliskan pokok-pokok berita.
4) Dalam diskusi kelas, siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, siswa / kelompok lain memperhatikan.
5) Tanya jawab antar siswa yang berisi saran pendapat dan sanggahan
6) Guru dan siswa melakukan tanya jawab

PENUTUP
c. Kegiatan Akhir
1) Siswa dan guru melakukan refleksi
2) Siswa melaksanakan evaluasi



PENILAIAN
Untuk menilai Kegiatan Belajar Mengajar ini dilaksanakan dengan penilaian proses diskusi dan hasil diskusi berupa tulisan hasil diskusi yang berupa pokok-pokok berita yang didapat dari proses penyimakan.
Modelling, Inkuiri, Tanya Jawab, Diskusi.
1) laptop, LCD, CD rekaman berita dari televisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar